Berita Event Nasional Teknologi TNI & POLRI 

MABES TNI DAN PUSHIDROSAL  LAKSANAKAN INSPEKSI SURVEI HIDROS  UNTUK PEMBUATAN PETA TEMPUR GABUNGAN (PTG) DI Pulau MOROTAI

Mitrajakartanews | Morotai, 5 Nopember 2018 Inspeksi Survei Hidro-Oseanografi di perairan Morotai Provinsi Maluku Utara, dilakukan oleh Paban VI Surta Sops Mabes TNI Kolonel CTP Drs. Ibnu Fatah, M.Sc.

Survei hidrografi dan oseanografi ini dilaksanakan Pushidrosal dalam rangka mendukung kepentingan Militer untuk pembuatan Peta Tempur Gabungan TNI serta informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk publikasi nautika di perairan tersebut.

Selain itu, data survei hidro – oseanografi juga bertujuan untuk mengupdate Peta Laut Indonesia (PLI) perairan Morotai 2015.

Pelaksanaan survei yang dilaksanakan oleh Pushidrosal juga memiliki nilai yang strategis karena P. Morotai sebagai salah satu pulau – pulau kecil terluar yang dimiliki oleh Indonesia yang berbatasan langsung dengan Philipina.

Turut mendampingi Paban VI Surta Sops TNI dalam inspeksi tersebut, Kepala Dinas Hidrografi Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Ir. Nur Riyadi, M.Si, Komandan Lanal Morotai Letkol Laut (P) Kariadi Bangun, M.Tr.Hanla.

Pushidrosal berdasarkan Perpres RI No. 164 tahun 1960 sebagai Lembaga Hidrografi Nasional , diperkuat dengan Perpres RI No. 62/2016 Pushidrosal sebagai Kotama Pembinaan TNI AL, bertugas melaksanakan kegiatan hidro – oseanigrafi di perairan Indonesia untuk kepentingan umum dan TNI. Pushidrosal dengan data hidro-oseanografi yang mempunyai ketelitian standard SP. 44 IHO siap mendukung kebutuhan TNI akan Peta Tempur Gabungan.

Paban VI Surta Sops TNI menambahkan, bahwa selain untuk penyiapan Peta Tempur Gabungan di perairan Sopi, Pangeo, Gurango dan Tawakali, P. Morotai, data hasil survei itu juga akan digunakan untuk update peta laut Indonesia No. 391, atau pemutakhiran peta laut di wilayah tersebut, sehingga dapat membantu mempercepat konektivitas pelayaran di perairan Indonesia bagian Timur dan rangka mendukung program Tol laut Indonesia serta pembangunan kelautan di Kabupaten Morotai.

Pada kesempatan tersebut, Paban VI Surta Sops TNI meninjau secara langsung Posko tim Survei yang berada di Posal Bere-bere, Kecamatan Morotai Utara, sebagai salah satu bentuk perhatian Paban VI Surta Sops TNI atas kinerja seluruh tim survei dalam rangka penyiapan Peta Tempur Gabungan TNI. Selain itu, juga melihat langsung pelaksanaan survei dan melihat kondisi morfologi pantai, serta kondisi personel survei di Posko sedang melaksanakan pengolahan data lapangan.

Paban VI Surta Sops TNI tersebut menerima paparan dari Komandan Unit Satuan Tugas Surta Hidros , Letkol Laut (P) Agus Hendra Gunawan, ST. M.Tr.Hanla. meliputi teknis dan metode survei yang telah dilaksanakan juga diperlihatkan hasil survei berupa lembar lukis lapangan (LLL) yang menggambar kan detail angka kedalaman laut dan kontur gambar detail darat, bahaya navigasi dan kedangkalan yang ditemukan serta telah digambarkan pantai pendaratan yang direkomenda sikan oleh Tim. Survei, disampaikan pula data pengamatan oseanografi dan informasi geografi maritim pada area survei.

Survei dilaksanakan oleh Tim Pushidrosal ini telah berlangsung selama 21 hari dan telah memasuki tahap pengakhiran survei. Adapun data yang telah didapatkan oleh tim survei akan segera divalidasi dan diolah kembali di Pushidrosal, dan akan disajikan dalam bentuk Peta Tempur Gabungan yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan operasi TNI.(Arianto)

Related posts

Leave a Comment

www.000webhost.com