Berita Ekonomi Dan Bisnis Nasional Politik 

MNC group bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Forum Perhubungan dengan tema Pembiayaan Kreatif Pembangunan Infrastruktur Transportasi Indonesia

Mitrajakartanews | Jakarta

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan prioritas pada percepatan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur transportasí. Tidak hanya di Pulau Jawa, selama empat tahun pemerintahan berjalan, berbagai infrastruktur juga dibangun di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Upaya ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan terhadap negara lain dan untuk membangun konektivitas antardaerah sekaligus mempermudah arus distribusi.

Pembangunan infrastruktur terutama transportasi dianggap sebagai kebijakan vital pemerintah bukan saja mendorong pertumbuhan ekonomi. Pembangunan sarana transportasi seperti pelabuhan, stasiun dan bandar udara juga menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara kesatuan yang terhubung dengan mudah antarwilayah. Pembangunan infrastruktur transportasi yang tidak terpusat di Pulau Jawa, menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah adalah Indonesia sentris.

Pembiayaan menjadi salah satu persoalan krusial pembangunan infrastruktur transportasi, Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengejar kekurangan anggaran untuk membangun infrastruktur transportasi adalah dengan menggandeng pihak swasta.

Sejak 2017, pemerintah telah merancang skema pembiayaan di luar APBN untuk pembangunan infrastruktur yang disebut Pembiayaaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA). Skema pembiayaan seperti PINA dibutuhkan untuk mengurangi ketertinggalan Indonesia dalam penyediaan infrastruktur serta mengurangi beban APBN yang selama ini terbatas untuk mendorong pembangunan. Dengan latar belakang tersebut, MNC group bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar Forum Perhubungan dengan tema “Pembiayaan Kreatif Pembangunan Infrastruktur Transportasi Indonesia” hari rabu, 7 November 2018, pukul 08.00 -12.00 WIB, bertempat di Ballroom Batavia I, Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, JL Hayam Wuruk No 125, Jakarta Pusat. Yang dihadiri para pembicara Djoko Sasono selaku Sekjen Kementerian Perhubungan, Farid Arif Wibowo selaku Kepala Subdirektorat Persetujuan Dukungan Pemerintah Kementerian Keuangan serta Armand Hermawan selaku Dirut PT Penjamin Infrastruktur Indonesia Persero dan I Gede Patek Mardika selaku Kepala Biro Perencanaan Kemenbub.

Acara ini juga menampilkan penanggap seperti Sri Bagus Guritno selaku Direktur Kerjasama Pemerintah-Swasta Rancang Bangun Bappenas, William Sabanda selaku Direktur Utama Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta serta Franciscus Xaverius RD selaku Direktur Utama Sinar Mas Land.(Arianto)

Related posts

Leave a Comment

www.000webhost.com